Langsung ke konten utama

Membuat Simple Game

Kali ini saya akan memberikan tutorial membuat simple game menggunakan software Scratch 2, dan juga sebelumnya juga harus menginstal Adobe Air terlebih dahulu. Dan simpe game yang saya akan buat kali ini adalah game berjenis Catch Game, yaitu game yang mengumpulkan makanan yang berjatuhan dari langit agar menambahkan score.

Tutorial pembuatan :
  1. Buka aplikasi Scratch 2
  2. Lalu hapus sprite yang ada saat baru membuka aplikasi Scratch 2
  3. Ubah latar dengan cara sebagai berikut
  4. Pilih latar seperti berikut
  5. Tambahkan sprite dengan cara seperti ini
  6. Setelah itu, pilih sprite bergambar pisang
  7.  Dan pilih sprite bergambar kepiting
  8. Buat sebuah variabel untuk membuat score, dan jangan lupa skrip "ubah score menjadi 1" agar setiap score bertambah 1 poin
  9. Selanjutnya masukkan skrip pada setiap gambar
  10. Lalu masukkan skrip bergambar pisang seperti berikut
  11. Masukkan juga skrip bergambar kepiting seperti berikut


    Dari tutorial ini kita sudah bisa membuat 1 simple game dengan secepat itu, contoh hasil game ini bisa dilihat disini

    Mungkin hanya sampai sini tutorial simple game dari saya. Terima Kasih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Transformasi ERD ke Logical Record Structure (LRS)

Hallo guys, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan melanjutkan materi yang sebelumnya sudah di publikasikan yaitu tentang "Mengenal Entity Set". Seperti biasa sebelum saya memberi tahu contoh nya, saya akan memberikan sedikit penjelasannya. Berikut penjelasan sederhananya : Pedoman Setiap entity akan diubah kebentuk sebuah kotak dengan nama entity berada diluar kotak dan atribute berada di dalam kotak.  *sebuah relationship, kadang disatukan dalam sebuah kotak bersama entity, kadang dipisah menjadi sebuah kotak tersendiri. Langsung saja saya berikan contoh nya : One-to-One *pedoman penggabungan, ke arah weak entity atau ke entity dengan jumlah atribut yang lebih sedikit. One-to-Many *pedoman penggabungan, tidak perlu melihat jumlah atribut yang lebih sedikit atau selalu digabungkan ke arah Many. Many-to-Many *pedoman transformasi, tiap entity menjadi sebuah logical record structure atau menghasilkan sebuah table baru. Mungkin hanya sekia...

Mengenal Mapping Cardinality

Mapping Cardinality adalah banyaknya entity yang bersesuaian dengan entity yang lain melalui relationship. Jenis-jenis Mapping One to one, yaitu hubungan terjadi bila setiap instansi entitas hanya memiliki satu hubungan dengan instanti entitas lain. Contoh : One to many, relasi ini terjadi bila setiap instansi dapat memiliki lebih dari satu hubungan terhadap instansi entitas lain tetapi tidak kebalikannya. Contoh : Many to many, yaitu hubungan saling memiliki lebih dari satu dari setiap instansi entitas terhadap instansi entitas lainnya.  Contoh :

Mengenal Entity Set

Hai guys, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit penjelasan tentang Entity Set. Mungkin ini adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul Mapping Cardinality. Penjelasan tentang Entity Set :   Strong Entity Set, yaitu entity set yang satu atau lebih aributnya digunakan oleh entity set lain sebagai key. Digambarkan dengan empat persegi panjang.    Contohnya seperti E adalah sebuah entity set dengan atribute-atribute a1, a2,...,an, maka entity set tersebut dipresentasikan dalam bentuk tabel E yang terdiri dari n kolom, dimana setiap kolom berkaitan dengan atribute-atributenya.   Weak Entity Set , yaitu entity set yang dependent terhadap strong entity set. Digambarkan dengan empat persegi panjang bertumpuk.    Contohnya seperti A adalah weak entity set dari atribute-atribute a1, a2, ..., ar dan B adalah strong entity set dengan atribute-atribute b1, b2, ...,bs, dimana b1 adalah atribute primary key, maka...